Rabu, 07 Oktober 2009

Black Berry

Dengan teknologi Blackberry, terima dan kirim email seperti layaknya terima dan kirim SMS. Plus beberapa kelebihan lainnya. Kapan saja, dimana saja, mudah dan cepat. Itu tuntutan dari komunikasi wireless terutama akses data. Teknologi baru pun berbondong-bondong hadir untuk memenuhi berbagai tuntutan tersebut. Salah satunya Blackberry. Hasil karya RIM (Research In Motion), perusahaan yang bergerak di jasa solusi teknologi inovatif untuk komunikasi wireless.

Ciri yang menonjol dari Blackberry ini adalah perpaduan fasilitas always on dan pish based. Always on maksudnya handset akan selalu terhubung dengan jaringan. Nah apabila kondisi ini sudah tercapai maka informasi data bisa dikirim secara pish based yaitu dikirimkan secara otomatis ke handset tanpa ada permintaan.
Sebenarnya Blackberry ini dapat mengirim dan menerima berbagai macam data. Namun saat ini Blackberry lebih banyak digunakan untuk akses email. Keunggulanya adalah alert email pada handset. Setiap ada email masuk akan ada pemberitahuan.

Teknologi Blackberry ini disediakan untuk kalangan perseorangan dan perusahaan, software Blackberry Enterprise Server ini akan terintegrasi dengan sistem informasi perusahaan. Dalam software tersebut tersedia fitur Mobile Data Service (MDS) yang mampu akses data dan email account perusahaan melalui wireless handset secara always-on dan push-based. Yang tentunya handset juga harus mendukung dengan tersedianya fitur aplikasi Blackberry. Development Tools, seperti browser dan lainnya. Jadi pegawai perusahaan bisa mengakses dan mengatur data perusahaan kapanpun dan dimanapun.

Blackberry Enterprise Server sudah menggunakan Advance Encryption Standard (AES). Jika handset hilang atau dicuri maka bagian IT perusahaan bisa secara wireless mengamankan dengan password untuk mengunci handset tersebut atau bahkan bisa menghapus data penting yang tersimpan di handset.
Untuk individual, RIM menyediakan software Blackberry Web Client. Suatu email interface yang bisa terintegrasi dengan berbagai email account. Email account tersebut akan ditambahkan ke handset . Dengan demikian, pengguna bisa tetap mengakses email account yang sudah dimiliki melalui handset. Baik untuk membuka, menghapus, mengalihkan maupun menjawab email. Baca file attachment juga memungkinkan baik dalam format Microsoft Word, Excel, Power point, Corel maupun Adobe.

Secara umum, pengolahan data email yang dikirim seseorang akan diterima oleh server dari account email lalu Blackberry Enterprise Server mengcopynya. Sebelumnya dikompres dan dienkripsi terlebih dahulu secara otomatis. Email tersebut kemudian dikirim dan di routing melalui jaringan internet menuju jaringan GPRS milik operator. Baru sampai ke handset penerima. Begitu sampai akan di-dekompreasi dan di-deenkripsi. Bar alert akan berbunyi dan siap dibaca. Proses yang sama terjadi apbila suatu perusahaan yang mengimplemetasikan Blackberry ingin mengirimkan data secara push ke pegawainya.

Saat ini, teknologi Blacberry sudah diimplementasikan di 50 jaringan di lebih 30 negara. Beberapa vendor juga telah bekerja sama seperti Palm One, Nokia, sony Ericsson, Motorola dan terakhir Siemens. Untuk Sony Ericsson teknologi Blackberry sudah terdapat di seri P900.

NIM : 091202777

Tidak ada komentar:

Posting Komentar